Cidokom, STF News – Sabtu (15/06/2024) Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta menyelenggarakan kegiatan makrab (malam keakraban) dan pembinaan untuk para volunteer STF UIN Jakarta, yang sekaligus mereka semua adalah para penerima beasiswa STF periode 2024 semester genap. Kegiatan yang dihadiri oleh 25 volunteer, mengangkat tema “Berdayakan Diri, Ubah Dunia: Mengasah Potensi dan Semangat Bervolunteer”. Kegiatan ini dilaksanakan secara offline selama dua hari, di aula Cercondeso yang berlokasi di desa Cidokom, Gunung Sindur, Bogor.

Kegiatan makrab dilaksanakan pada hari jum’at (14/6), yang dimulai sejak pukul 16.00. adapun rundown acara dari kegiatan makrab, terdiri dari: Games perkenalan, Sholat Magrib, Tadarus, Sholat Isya, Makan Malam Bersama, Live Music, Barbeque, dan ditutup dengan acara Games. Setelah itu para volunteer beristirahat untuk menyiapkan diri, pada event pembinaan di esok hari.

Kegiatan selanjutnya yaitu pembinaan volunteer. Sebelum dimulainya event pembinaan, para volunteer terlebih dahulu melaksanakan sholat subuh, kultum yang diisi oleh salah satu volunteer yaitu Farhan Maulidi dan kemudian dilanjutkan dengan briefing untuk event pembinaan yang diselingi dengan coffee break dan juga sarapan.

Tepat pada hari Sabtu (15/6), pukul 08.15, event pembinaan dimulai. Acara ini diawali dengan pembukaan oleh Mc, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, serta sambutan-sambutan. Hingga tiba waktunya, memasuki acara inti yaitu penyampaian materi-materi. Pada event pembinaan kali ini, terdapat tiga materi yang akan disampaikan oleh dosen-dosen volunteer STF UIN Jakarta.

Materi pertama yaitu tentang public speaking, disampaikan oleh Dr. Asep Ediana Latip, M. Pd, salah satu dosen di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dalam materi ini, para volunteer diberikan pemahaman mengenai konsep public speaking, tujuan public speaking, teori dasar public speaking, keterampilan public speaking, serta macam-macam kesalahan dalam public speaking. Selain itu, para volunteer juga diajak untuk langsung mempraktekkan teori-teori yang telah diberikan.

Selanjutnya, yaitu materi kedua tentang teknik menulis berita yang disampaikan oleh Drs, Nanang Syaikhu, M. AP, dosen Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Sebelum penyampaian materi, para volunteer terlebih dahulu diajak untuk melakukan pemanasan dengan berbagai games yang bertujuan untuk melatih kefokusan. Setelah itu, para volunteer diberikan edukasi mengenai pengertian berita menurut pandangan beberapa ahli, unsur-unsur berita, macam-macam berita, jenis berita, ciri-ciri dan struktur berita straight news, teknik menulis berita, dan mengklasifikasikan berita.

Setelah materi pertama dan kedua selesai, para volunteer melakukan istirahat, sholat dan makan siang. Kemudian, tepat pada pukul 13.00 acara dilanjutkan dengan penyampaian materi terakhir yaitu mengenai keterampilan berbicara di media sosial yang disampaikan oleh Dr. Elvi Susanti, M.Pd. Sangat terlihat rasa antusiasme para volunteer dalam menyimak materi-materi yang disampaikan, hal itu dibuktikan saat sesi tanya jawab (QnA), mereka sangat bersemangat dalam memanfaatkan kesempatan ini untuk menggali lebih dalam materi-materi yang telah disampaikan.

Kegiatan Makrab dan Event Pembinaan ini memberikan pengalaman yang begitu berkesan bagi para volunteer, hal itu sebagaimana yang disampaikan oleh salah satu volunteer, “Saya sangat senang mengikuti kegiatan makrab dan pembinaan ini. Makrab membuat kami jadi lebih saling mengenal dan mempererat keakraban antar volunteer dan pembinaan memberikan kami bekal skill untuk meningkatkan potensi diri”, ujar Luthfi Rahman, volunteer sekaligus ketua pelaksana kegiatan makrab dan event pembinaan volunteer STF UIN Jakarta 2024. Dalam wawancara singkatnya, Luthfi Rahman Juga berharap, semoga event makrab dan pembinaan ini dapat mempererat tali persaudaraan, rasa kebersamaan dan keakraban, serta menambah pengalaman para volunteer, dan semoga di lain kesempatan waktu mengizinkan kita semua untuk dapat bertemu kembali di event selanjutnya.

Kontributor : Alfina Ika Ariyanti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here