STF News – Rabu 19/6/24 – UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Social Trust Fund (STF) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan IKALUIN Jakarta menggelar acara distribusi daging kurban dalam rangka perayaan Idul Adha 1445 H. Acara ini dilaksanakan di parkiran Fakultas Sains dan Teknologi (FST). Kegiatan tersebut dihadiri oleh para tamu undangan termasuk Pelaksana Harian (PLH) dan Wakil Rektor (Warek) Bidang Administrasi Umum Prof. Dr. Imam Subchi M.A, pejabat universitas, serta perwakilan dari berbagai mitra yang berkontribusi dalam kegiatan mulia ini.

Program Qurban UIN-QU Syahid tahun ini mengusung tema “Merajut Persaudaraan dan Solidaritas Bersama UIN-Qu Syahid” dengan memperkenalkan dua skema qurban, yaitu konvensional dan kaleng, dengan tujuan meningkatkan dampak positif baik dalam pengelolaan maupun pendistribusiannya. Acara ini dibuka dengan sambutan dari Dr. Yusar Sagara, S.E., M.Si, Ak sebagai Ketua Panitia, yang mengungkapkan rasa syukurnya atas kelancaran pemotongan dan distribusi hewan qurban di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, serta mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat. “Ini adalah bukti konkret dari persaudaraan dan solidaritas di antara kita semua,” tambahnya.

Prof. Dr. Imam Subchi M.A. turut menyampaikan pentingnya menjalin persaudaraan dan memprioritaskan sosial di antara sesama dalam sambutannya. Ia menggarisbawahi bahwa momen qurban ini merupakan kesempatan untuk mempererat solidaritas yang berarti bagi masyarakat, dengan peningkatan jumlah hewan qurban baik kambing maupun sapi di tahun ini. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan simbolis hewan qurban kepada para penerima qurban, serta penghargaan kepada donatur dan mitra yang turut berkontribusi dalam kegiatan ini.

Total 996 kantong daging qurban konvensional telah didistribusikan kepada sivitas akademika UIN Jakarta dan masyarakat sekitar, sementara 990 kaleng qurban kaleng dalam bentuk rendang dengan berat 185 gram per kaleng akan didistribusikan 20 hari setelah penyembelihan. Qurban kaleng ini direncanakan untuk disalurkan kepada masyarakat dhuafa di lokasi KKN UIN Jakarta, termasuk korban bencana dan para pengungsi yang bekerjasama dengan UNHCR Indonesia. Kontribusi dari berbagai pihak seperti Bank Jabar Syariah, Bank Mandiri, BRI, BTN, BSI, Baznas, BPKH, Bank Muamalat, Eduversal, Penerbit Erlangga, PT Mora Telematika Indonesia Tbk (Moratelindo), Fakultas Kedokteran, Bapak Anthony, dan Shohibul Kurban sangat berarti dalam mendukung keberhasilan program qurban ini.

Dengan terselenggaranya kegiatan tersebut harapannya dapat membangun kebersamaan dan saling menguatkan di tengah dinamika kehidupan kampus. Selain itu juga untuk emperkuat nilai-nilai toleransi, dan juga kerja sama. Dalam suasana ini, UIN-Qu Syahid tidak hanya menjadi tempat untuk menimba ilmu, tetapi juga wadah untuk memupuk rasa persatuan yang kuat.

Kontributor: Amaliah R.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here