STF News – Jakarta, 16/08/2024. Volunteer Internasional Caukin Studio yang merupakan kumpulan para volunteer dari berbagai negara ini, telah menjalin kerja sama dengan lembaga Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta. Hal itu dibuktikan dengan berdirinya “Musholla of Solidarity” di desa Gunung Sindur yang dibangun pada tahun 2022 lalu.

Setelah sukses membangun mushola, kini STF UIN Jakarta dan volunteer internasional Caukin Studio kembali bekerja sama untuk membangun rumah pemberdayaan di komplek tanah wakaf Cercondeso. STF UIN Jakarta berserta para volunteer Internasional Caukin Studio berkesempatan untuk berkunjung dan mengekplorasi konstruksi bangunan dari Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral.

Kunjungan ini diterima baik oleh Farid Saenong, selaku badan pengelola masjid Istiqlal ini memberikan cinderamata berupa sebuah pelakat kepada STF UIN Jakarta. Kegiatan diawali dengan tur keliling masjid yang megah, di mana mereka melihat desain bangunan yang mengutamakan keberlanjutan dan lingkungan, termasuk ruangan yang memiliki banyak celah angin dan kubah besar yang indah. Para volunteer juga diberikan kesempatan untuk melihat bagaimana Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta dapat berdampingan dalam harmoni.

Selain itu, mereka juga diajak berfoto di spot-spot menarik di sekitar masjid dan mendapatkan pelajaran khusus tentang cara menabuh bedug, yang merupakan hasil pengadaptasian tradisi dari agama Hindu. Setelah selesai menjelajahi masjid Istiqlal, para volunteer internasional Caukin Studio juga melakukan perjalanan singkat ke Gereja Katedral Jakarta dan beberapa museum yang berada di dalamnya.

Kunjungan ini menjadi momen berharga untuk menambah wawasan tentang keberagaman budaya dan agama di Indonesia yang diimplemantasikan dalam sebuah kontruksi bangunan-bangunan tempat ibadah dan bersejarah.

Kontributor: Alfina Ika Ariyanti (Volunteer STF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here