STF News – Jakarta, 30/08/2024. Social Trust Fund (STF) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, kembali mengadakan acara simbolis penyerahan beasiswa untuk mahasiswa UIN Jakarta semester ganjil tahun akademik 2024 di ruang Diorama kampus 1 UIN Jakarta. Acara ini dihadiri oleh berbagai tamu undangan, termasuk penerima beasiswa, direktur dan staf STF UIN Jakarta, wakil rektor, perwakilan dari Dompet Dhuafa, serta kepala biro UIN Jakarta. Selain itu, hadir pula para donatur yang selalu mendukung program-program STF UIN Jakarta.

Pada semester ini, total dana tersalurkan oleh STF sebesar Rp 207.785.800. Dari jumlah tersebut, sebanyak 149 mahasiswa lolos seleksi berkas dan akhirnya 61 mahasiswa dinyatakan sebagai penerima beasiswa STF. Beasiswa terdiri dari 45 Beasiswa Prestasi, 2 Profesor Nabilah Lubis Scholarship (PNLS), 4 rofesor Husni Rahim Scholarship (PHRS), 4 Profesor Azyumardi Azra Scholarship (PAAS), 2 Beasiswa Orang Tua Asuh, dan 4 Beasiswa Difabel.. Prof. Amelia menekankan pentingnya kedermawanan bagi para penerima beasiswa. Beasiswa ini tidak hanya berlaku bagi mahasiswa tingkat S1 di UIN Jakarta, tetapi juga bagi mahasiswa S2 dari universitas lain dengan tema penelitian yang ditawarkan oleh STF yakni pada program PAAS.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC, diikuti dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Prof. Amelia Fauzia, Direktur STF, dalam sambutannya mengatakan, “Hari ini, kita merayakan peningkatan jumlah penerima beasiswa. Namun, kita harus ingat bahwa bantuan ini masih menjangkau hanya 37% dari mahasiswa UIN Jakarta. Saya mengajak para donatur dan penerima beasiswa untuk lebih giat dalam penggalangan dana filantropi, agar lebih banyak mahasiswa yang terbantu. Dan bagi penerima beasiswa, teruslah mengejar mimpi kalian dan jangan berhenti di sini. Saya harap kalian kelak menjadi donatur beasiswa, mendukung generasi berikutnya.” Prof. Amelia juga melaporkan tentang pembangunan Rumah Pemberdayaan di Cercondeso, Desa Cidokom, Gunung Sindur, dan meminta dukungan dana dari para hadirin untuk proyek tersebut.

Wakil Rektor Bidang Kerja Sama, Din Wahid, M.A., Ph.D., memberikan informasi mengenai beasiswa yang tersedia di UIN Jakarta dan menekankan pentingnya dukungan berkelanjutan. “UIN Jakarta menyediakan berbagai macam beasiswa dan kami berusaha sebaik mungkin untuk terus mendukung mahasiswa. Di setiap wisuda, Pak Rektor selalu mengajak wisudawan untuk berdonasi di STF UIN Jakarta. Saya sarankan kepada teman-teman untuk mendaftar LPDP guna memperkuat bahasa asing dan memanfaatkan peluang kerja di luar negeri, seperti di Jepang, Cina, dan Korea,” ujarnya.

Penyampaian wejangan oleh Prof. Husni Rahim, donatur beasiswa Prof. Husni Rahim Scholarship, memberikan motivasi tambahan kepada penerima beasiswa. Beliau mengatakan, “Limited is Unlimited, di balik keterbatasan terdapat ketidakterbatasan. Manfaatkan ketidakterbatasan itu dengan mengubah diri sendiri. Jangan sampai saat kesempatan emas hadir, tetapi diri kita belum siap. Tanamkan pada diri Anda karakter kinerja seperti kerja keras, disiplin, dan pantang menyerah, serta karakter moral seperti sabar, syukur, dan berdoa.”

Syafitri Nur Fatimah, perwakilan penerima beasiswa, menyampaikan rasa syukurnya dan terima kasih kepada donatur. Ia berjanji akan berkontribusi untuk kemajuan STF UIN Jakarta dengan membangun semangat kevolunteeran.

Acara ditutup dengan sesi foto bersama, pengenalan pengurus STF UIN Jakarta, serta susunan kepanitiaan serta program kegiatan volunteer STF.VDengan semangat kolaborasi dan kontribusi, diharapkan beasiswa yang diserahkan hari ini akan memotivasi penerima untuk meraih prestasi lebih tinggi dan berkontribusi kembali pada lembaga di masa mendatang.

Kontributor: Alfina Ika A

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here