Bogor, STF News – 28-19/9/2024. Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta menyelenggarakan acara pembinaan dan malam keakraban (Makrab) bagi para volunteer penerima beasiswa semester ganjil 2024. Kegiatan berlangsung selama dua hari yaitu 28-29 September 2024 dan diikuti oleh 42 volunteer yang bertujuan untuk membangun keakraban di antara para penerima beasiswa sekaligus mengasah berbagai soft skills seperti public speaking, penyusunan proposal, dan copywriting. Kegiatan pembinaan ini menjadi bagian dari manfaat yang diperoleh para penerima beasiswa STF, selain bantuan dana pendidikan.

 

Dalam sambutannya, Sri Hidayati, M.Ed., selaku Sekretaris Pengurus STF, menyampaikan bahwa, “Melalui program ini, diharapkan para volunteer tidak hanya mendapatkan manfaat pendidikan, tetapi juga mengembangkan keterampilan yang akan berguna di masa depan. Soft skill seperti komunikasi, kepemimpinan, dan kolaborasi tim adalah bekal penting untuk menghadapi tantangan dunia kerja nantinya,” ujarnya.

Kegiatan dimulai dengan penyampaian materi oleh Dr. Asep Ediana Latip, M.Pd., yang memberikan pelatihan mengenai teknik public speaking. Pelatihan ini mencakup pentingnya pengaturan napas, bahasa tubuh, postur, serta kontak mata saat berbicara di depan audiens. Materi kedua disampaikan oleh Syaidina Sapta Wilandra, S. Hum., yang memberikan pemahaman terkait teknik penyusunan proposal, mulai dari identifikasi masalah hingga merujuk pada sumber kajian yang relevan. Materi terakhir dibawakan oleh Hafidz Ramadhan, S. Sos., yang mengulas mengenai copywriting dan sharing session menjadi relawan yang baik dengan menerapkan komunikasi yang efektif dan memiliki pola pikir positif.

Setelah sesi materi selesai, peserta beristirahat untuk melaksanakan shalat dan makan siang, dilanjutkan dengan evaluasi kegiatan. Pada malam harinya, acara diisi dengan berbagai permainan yang seru, seperti permainan “rebut kursi”, “tebak kota”, serta terdapat sesi tukar kado. Para volunteer juga menikmati makan malam bersama, BBQ, dan penampilan live musik, yang semakin mempererat ikatan di antara mereka.

Hari kedua diawali dengan sholat subuh berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan berbagai permainan outdoor seperti “tebak kata”, “joget balon”, dan “tangkap balon air”. Kegiatan-kegiatan ini dirancang untuk meningkatkan kekompakan dan solidaritas para volunteer, selanjutnya yaitu evaluasi serta pembentukan panitia untuk acara International Volunteer Day yang akan datang. Acara diakhiri dengan penyampaian pesan dan kesan dari para volunteer, “Ini adalah kegiatan makrab yang pertama kali aku ikuti, menurut aku makrab kali ini begitu keren dan gokil. Kalian sangat peduli dan ngerangkul banget. walau kita baru kenal.” Ucap salah satu peserta. Rangkaian kegiatan event pembinaan dan makrab selesai, kehangatan dan kebersamaan semakin terlihat antar sesama volunteer.

Kegiatan event pembinaan dan Makrab ini diharapkan tidak hanya meningkatkan keterampilan para volunteer, tetapi juga mempererat hubungan antar volunteer. Semangat kebersamaan yang terbentuk selama kegiatan ini akan menjadi bekal berharga dalam mengikuti program beasiswa dan kegiatan pengabdian selanjutnya.

Kontributor: Alfina Ika Arianti, Royan Rosyad (Volunteer STF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here